Prvi projekti iz ekonomskog paketa EU za Zapadni Balkan krajem godine

Komisi Eropa mengharapkan bahwa proyek pertama dari Paket Ekonomi dan Investasi untuk Balkan Barat akan disetujui pada akhir Desember, dan itu akan menjadi bagian dari satu miliar dan seratus juta euro untuk tahun ini dari total sembilan miliar. euro pada 2027. tenggat waktu menarik total 20 miliar euro lagi dana dari organisasi keuangan dan modal swasta.

Sebagai sumber di Komisi Eropa (EC) mengatakan kepada Beta, beberapa proyek dari Balkan Barat telah tiba di Brussel dan masing-masing proyek, yang harus “dipersiapkan dengan sangat matang”, akan dipertimbangkan secara individual.

Pada akhir Desember, dana bantuan pra-aksesi IPA III UE dengan total sembilan miliar euro, disetujui untuk periode 2021-2027, yang akan membiayai proyek-proyek dari Paket Ekonomi dan Investasi, harus mulai berlaku, sambil menunggu tambahan dana dari dua puluh miliar euro.

Paket UE, yang diadopsi pada Oktober 2020 dan yang seharusnya menarik investasi swasta yang signifikan, mengidentifikasi sebagai prioritas pembangunan atau rekonstruksi jalan raya utama dan sambungan kereta api, energi terbarukan dan transisi dari batu bara ke sumber energi lain, peningkatan efisiensi energi , pengurangan efek rumah kaca, pengelolaan limbah dan air limbah, serta pengenalan internet broadband.

Menurut pejabat EC, sangat penting bahwa “Balkan Barat mencapai tujuan iklim Uni Eropa dan mengadopsi energi dan aspirasi iklim Uni untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (CO2) sebesar 55% pada akhir dekade ini, yang membutuhkan perubahan mendasar. “

Untuk tujuan ini, sumber daya keuangan yang tepat akan disediakan untuk tantangan sulit seperti meninggalkan batubara dalam produksi energi, meningkatnya pengangguran, gangguan pasar tenaga kerja, pengenalan pajak atas barang impor dan listrik yang diproduksi di bawah “standar hijau” UE.

Rencana Aksi Program Hijau Uni Eropa telah ditetapkan, yang harus dicapai oleh Balkan Barat pada akhir tahun 2024, yang elemen-elemennya adalah pengurangan radikal gas CO2 berbahaya, ekonomi sirkular, pembersihan lingkungan alam, pertanian berkelanjutan dan perlindungan alam dan berbagai jenis tumbuhan dan hewan.

Komisi Eropa mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka akan menginvestasikan 300 miliar euro pada tahun 2027 dalam membangun infrastruktur dan konektivitas “Jalan Global” internasional melalui jaringan digital, energi dan transportasi yang cerdas, bersih dan aman, dan memperkuat sistem kesehatan, pendidikan dan penelitian di dunia. ”, yang dinilai di media sebagai persaingan yang kuat dengan “Sabuk dan Jalan” Cina.

“Global Way”, yang akan mencakup negara-negara Balkan Barat, UE akan, sebagaimana dinyatakan, sambil menghormati nilai dan aturan Eropa, menawarkan mitra tidak hanya kondisi keuangan yang dapat diandalkan melalui hibah, pinjaman lunak, serta jaminan anggaran untuk mengurangi risiko investasi, akan menerapkan standar tertinggi perlindungan lingkungan, manajemen sosial dan strategis.

TARUHAN RADIO / SUMBER: BETA

Komentar

komentar

Ditulis oleh Urednik

Author: Milton Mccoy