Mladi na prvi posao u struci čekaju do pet godina

Menurut Union for Sustainable Return, 180.000 orang telah meninggalkan BiH tahun ini. Kota ini seukuran Banja Luka, tetapi tampaknya pihak yang bertanggung jawab tidak tertarik.

Enggan mendengarkan cerita tentang perang, perubahan UU Pemilu, transfer kompetensi dan masakan gosong lainnya dari dapur politik, anak-anak muda pergi. Mereka bahkan tidak ingin berada dalam masyarakat yang korup dan di mana mereka telah menunggu pekerjaan pertama mereka selama bertahun-tahun. Kami bertanya kepada seorang sosiolog, salah satunya, mengapa anak muda pergi, apa yang mengganggu mereka dan bagaimana hal itu merugikan Bosnia dan Herzegovina penulis studi tentang pemuda dan profesor Fakultas Ilmu Politik di Sarajevo Amer Osmi.

Tahun ini saja, menurut beberapa perkiraan, 180.000 orang meninggalkan BiH, sebagai sosiolog, jika migrasi berlanjut dengan kecepatan ini, BiH macam apa yang menunggu kita dalam 5-10 tahun?

Kita harus berhati-hati dalam memperkirakan dan menawar jumlah mereka yang meninggalkan BiH, alasannya adalah sayangnya kita tidak memiliki data resmi tentang jumlah warga Bosnia dan Herzegovina yang meninggalkan Bosnia dan Herzegovina secara permanen atau sementara untuk dapat beroperasi dengan indikator ini. Tentu saja, tren meninggalkan Bosnia dan Herzegovina hadir dan hampir semua penelitian menunjukkan bahwa tren ini tidak mereda dalam beberapa tahun terakhir, sebaliknya, tampaknya hanya meningkat. Masyarakat yang kehilangan populasi yang berada dalam usia reproduksi dan usia kerja terbaiknya tentu menghadapi konsekuensi bencana, usia rata-rata populasi bertambah, tidak ada daya saing dalam pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi tinggi, yang mengarah pada lambatnya kemajuan dalam masyarakat secara keseluruhan. . Jika sekarang kita mengacu pada angka-angka dan di sini kita mengambil data dari Persatuan Pembangunan Berkelanjutan dengan cadangan tertentu dan mengatakan bahwa lebih sedikit penduduk yang tersisa, katakanlah 140.000 kebanyakan orang muda yang memenuhi syarat, dan matematika sederhana kita sampai pada data bahwa itu adalah 384 orang sehari, rekan kerja, teman, kerabat dan akhirnya ayah, ibu, saudara laki-laki, anak laki-laki. Tren ini tidak terlihat jelas dengan mata telanjang di Sarajevo, Banja Luka, Mostar atau Tuzla, tetapi sangat terlihat di komunitas yang lebih kecil, terutama di Krajina dan Bosnia tengah, di mana orang menggunakan kesempatan pertama dan meninggalkan rumah tanpa banyak berpikir, terutama karena kurangnya perspektif.

Kita sering mendengar bagaimana anak muda meninggalkan BiH karena pendapatan yang lebih tinggi, kondisi kehidupan yang lebih baik, tetapi hasil apa yang telah Anda capai dalam penelitian sebelumnya? Apa alasan sebenarnya bagi orang-orang muda untuk pergi?

Secara umum, kaum muda paling sering pergi karena persepsi kurangnya perspektif atau rasa putus asa, yang tercermin di hampir semua elemen masyarakat, ketidakpercayaan terhadap pembuat keputusan, institusi, dari keamanan, melalui kesehatan dan pendidikan hingga keadilan, tetapi juga fakta bahwa kaum muda rata-rata lima tahun menunggu pekerjaan pertama. Tingkat korupsi yang dirasakan tinggi di masyarakat BiH semakin membuat kaum muda semakin bertekad untuk melihat masa depan mereka di luar perbatasan Bosnia dan Herzegovina. Jadi, secara umum, anak muda sebenarnya mencari lingkungan yang aman di mana mereka dapat menjalani kehidupan yang layak dan memiliki kepercayaan pada aparat sosial yang akan benar-benar membantu mereka ketika mereka membutuhkan bantuan.

Keadaan apa yang membuat hidup tak tertahankan bagi kaum muda di BiH?

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kaum muda menunggu rata-rata lima tahun untuk pekerjaan yang mereka dilatih, kemudian gaji rata-rata di Bosnia dan Herzegovina termasuk yang terendah di kawasan ini dan menurut kaum muda tidak cukup untuk standar hidup rata-rata. , sedangkan konsumen rata-rata bermil-mil jauhnya dari apa yang dapat diperoleh seseorang. Kaum muda di Bosnia dan Herzegovina tidak meminta banyak, bahkan mereka hanya menginginkan apa yang mereka lihat yang diperoleh rekan-rekan mereka di negara-negara Eropa Barat dengan kualifikasi dan pekerjaan mereka. Oleh karena itu, menurut sikap kaum muda, lingkungan sosial secara keseluruhan yang telah terakumulasi hampir sejak akhir perang dapat dinilai sebagai tidak tertahankan, karena kaum muda hanya terpinggirkan di Bosnia dan Herzegovina menurut persepsi mereka sendiri dan indikator terukur. masyarakat dengan cara yang membuat sangat sulit bagi mereka untuk menggunakan hak-hak yang dimiliki rekan-rekan mereka di negara-negara Eropa Barat.

Anda seorang profesor universitas, saya percaya bahwa Anda berhubungan dengan beberapa siswa Anda, berapa banyak dari mereka yang tinggal di BiH, berapa banyak dari mereka yang keluar?

Sayangnya, saya mendapat kesan bahwa saat ini lebih banyak orang muda yang berpikir untuk pergi daripada tinggal di Bosnia dan Herzegovina, sehingga mereka menundukkan pendidikan dan kualifikasi mereka untuk tujuan itu, yaitu mereka sering memilih pekerjaan atau kualifikasi yang kurang tersedia di beberapa negara Barat. Negara-negara Eropa. Jika kita melihat siswa dengan siapa saya memiliki kesempatan untuk berbicara, banyak yang memutuskan untuk pertama kali mencoba mencari pekerjaan (sambil menunggu janji di kedutaan) dalam profesi, tetapi setelah beberapa kegagalan, kebanyakan dari mereka memutuskan untuk pergi. Saat ini, ketika Anda berbicara dengan orang muda, spesies endemik adalah orang-orang muda yang tidak berniat meninggalkan negara itu setelah pendidikan tinggi. Selain itu, kaum muda di BiH perlu memiliki insentif nyata untuk memulai bisnis mereka sendiri, keringanan pajak ketika menikah, memulai sebuah keluarga, dll. Langkah-langkah ini akan memberikan sinyal yang jelas kepada kaum muda bahwa negara memiliki strategi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dan bahwa kaum muda adalah elemen penting masyarakat dalam rencana ini.

Seberapa teredukasinya kaum muda di BiH, berapa persentase kaum muda yang terdidik?

Sekali lagi, sangat sulit untuk berbicara tentang tingkat pendidikan kaum muda karena kita tidak memiliki statistik resmi karena perubahan populasi di Bosnia dan Herzegovina cukup dinamis, apa yang bisa kita nyatakan dan apa fakta, dan PISA di wilayah, dan terutama untuk sebagian besar negara di Eropa Barat, ini menunjukkan kepada kita bahwa sistem pendidikan kita tidak dirancang untuk mendidik kaum muda untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang memungkinkan mereka untuk mengontrol kehidupan mereka sendiri dengan cara yang berkualitas. Juga dalam hal pendidikan tinggi, penelitian menunjukkan (Studi Pemuda) bahwa hanya setiap sepuluh pemuda setelah sekolah menengah memutuskan untuk mendaftar di pendidikan tinggi, yang merupakan indikator yang sangat menghancurkan. Selain itu, sistem pendidikan di Bosnia dan Herzegovina memiliki banyak kekurangan, dan salah satu yang utama adalah bahwa pendidikan kita direduksi menjadi reproduksi konten dan sangat sedikit perhatian yang diberikan pada pemikiran kritis dan analisis dan insentif yang memadai bagi siswa di bidang-bidang di mana mereka dapat berhasil. . Saya mendapat kesan bahwa kurangnya kerjasama aktif antara pengambil keputusan, manajemen sekolah, staf pengajar dan siswa, yang akan mengakibatkan penguasaan bahan ajar yang lebih mudah dan cepat yang harus direformasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan keadaan baru.

Radio Bet / Sumber: Buka / Foto: Ilustrasi)

Komentar

komentar

Ditulis oleh Urednik

Author: Milton Mccoy