Ko su najveći zagađivači vazduha u našoj zemlji? Objavljeni rezultati prve studije za bh. gradove

Badan Perlindungan Lingkungan Swedia (SEPA) telah menerbitkan bagian pertama dari survei tiga bagian yang ekstensif tentang polutan udara, yang akan menilai polutan mana yang ada di udara, dari mana asalnya, dan di mana penyebarannya. Penelitian ini direalisasikan dalam proyek IMPQ tiga tahun, yang menangani berbagai aspek polusi udara di Bosnia dan Herzegovina. Studi ini dilakukan bekerja sama dengan Institut Meteorologi dan Hidrologi Swedia (SMHI), Institut Hidrometeorologi Republika Srpska dan Federasi Bosnia dan Herzegovina, dan Institut Kesehatan Masyarakat di Beograd.

Hasil studi pertama tentang distribusi sumber polusi untuk Sarajevo, Zenica, Tuzla, Banja Luka, Brod dan Bijeljina

Studi pertama, yang disebut Sebuah studi tentang distribusi sumber polusi, di mana partikel udara dikumpulkan dan kemudian dikaitkan dengan sumber emisi tertentu dengan analisis kimia yang cermat dan pemodelan komputer berikutnya, dilakukan untuk enam kota di BiH selama musim dingin 2020-2021, yaitu Sarajevo, Zenica, Tuzla, Banja Luka, Brod dan Bijeljina. Hasilnya mengkonfirmasi beberapa asumsi penting yang dinyatakan sebelumnya, seperti pembakaran biomassa (pembakaran kayu dan pelet, tipikal untuk pemanas rumah tangga) mewakili bagian yang tinggi dari polusi total, sementara beberapa temuan baru memerlukan pengujian lebih lanjut.

Di enam kota tempat pengukuran dilakukan, porsi polusi yang berasal dari biomassa berkisar antara 20-35%. Menarik untuk dicatat bahwa bagian ini lebih tinggi di kota-kota kecil, seperti Tuzla dan Bijeljina. Hal ini, tentu saja, mungkin disebabkan oleh kehadiran industri, lalu lintas, dan pembakaran batu bara yang lebih besar di kota-kota besar, dan sumber-sumber ini memiliki dampak yang lebih besar pada pangsa emisi di lokasi-lokasi tersebut. Namun, asumsi sebelumnya bahwa sektor rumah tangga secara umum memberikan kontribusi besar terhadap polusi udara di negara ini masih ditekankan. Namun, di Brod dan Zenica, studi tersebut gagal memisahkan bagian pembakaran biomassa dan pembakaran batu bara. Bagian gabungan dari dua sumber ini di Brod dan Zenica adalah 45-55%, yang, meskipun tidak mungkin menghitung bagian individu, masih merupakan bagian besar dari total polusi. Di Sarajevo dan Banja Luka, pangsa pembakaran batubara dan batubara coklat dalam polusi udara adalah antara 15-25%.

“Studi distribusi sumber polusi menggunakan pengukuran yang dilakukan selama bulan-bulan musim dingin ketika konsentrasi polutan udara tertinggi. Ini dilakukan untuk mendapatkan partikel tersuspensi sebanyak mungkin untuk analisis kimia dan pemodelan komputer, dan untuk memeriksa keadaan polusi saat paling berbahaya bagi kesehatan manusia, yaitu selama musim dingin di Bosnia dan Herzegovina, “kata Kristian Silver. , seorang ahli kualitas udara di SEPA untuk proyek IMPaq.

Porsi polusi yang berasal dari kendaraan bermotor jelas terisolasi di Tuzla, termasuk emisi gas buang dan non-knalpot. Di Sarajevo, kontribusi lalu lintas dicampur dengan pembakaran bahan bakar fosil lain yang dipelajari dalam penelitian ini. Namun demikian, pangsa polusi lalu lintas di kedua kota ini dapat diperkirakan dengan pasti sebesar 15-20%. Di empat kota lainnya, bahkan lebih sulit untuk mengidentifikasi tingkat dampak lalu lintas relatif terhadap dampak bahan bakar fosil lainnya terhadap polusi.

Dalam penelitian ini juga ditentukan bahwa yang disebut aerosol sekunder berkontribusi sekitar 25-30% terhadap polusi total. Aerosol sekunder adalah semprotan yang terbentuk selama beberapa jam atau hari oleh oksidasi atmosfer alami dari suspensi partikel halus yang dibentuk oleh emisi polutan. Parameter ini biasanya mewakili bagian polusi dari sumber yang lebih luas di luar kota, membentuk apa yang disebut polusi latar belakang regional. Namun, persentase dalam bagian polusi jangka panjang ini perlu ditafsirkan dengan hati-hati.

“Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu. Hal ini disebabkan oleh inversi yang tercipta di kota-kota di musim dingin, yang dapat menjadi model untuk menafsirkan polutan yang dipancarkan secara lokal yang telah ada di kota selama berhari-hari sebagai aerosol sekunder atau kontribusi dari jangkauan yang lebih luas. Inversi adalah keadaan atmosfer dengan tekanan tinggi dan angin rendah yang menciptakan semacam penutup di udara, mencegah pencampuran massa udara dan menjaga polutan tetap dekat dengan tanah. Pembalikan ini biasa terjadi di musim dingin dan dapat menyebabkan konsentrasi polutan udara yang berisiko tinggi, ”kata Silver.

Pengamatan menarik lainnya adalah bahwa hampir 10% polusi selama musim dingin terakhir di empat kota, Sarajevo, Banja Luka, Tuzla dan Zenica, berasal dari peristiwa lokal, sesekali seperti pembakaran sampah dan sejenisnya.

Dua studi lagi akan diterbitkan sebelum musim panas 2022.

Studi kedua adalah perbaikan kadaster polutan di enam kota ini, dan pemodelan dispersi polusi selanjutnya untuk Sarajevo dan Banja Luka. Kadaster polutan menyiratkan kompilasi semua informasi yang tersedia tentang sumber emisi yang ada, mis. pabrik industri besar atau pembangkit listrik, dan data tentang berapa banyak polutan yang dilepaskan ke udara. Pemodelan dispersi adalah analisis komputer yang menunjukkan di mana polutan dari sumber emisi ini cenderung menyebar. Sederhananya, dapat dikatakan bahwa pemodelan dispersi dilakukan secara terbalik sehubungan dengan studi distribusi sumber, dimulai dengan sumber emisi, bukan mengukur konsentrasi di udara ambien di lokasi tertentu, ”kata Silver.

Studi ketiga dan terakhir akan menjadi studi lain tentang distribusi sumber dengan pengukuran yang tepat selama musim dingin 2021-2022, tetapi hanya untuk Sarajevo dan Banja Luka. “Kedua kota ini, terutama Sarajevo, memiliki topografi dan lingkungan perkotaan yang sangat kompleks dan banyak sumber berbeda yang dapat bertanggung jawab atas pertunjukan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan data yang sangat akurat untuk pemodelan komputer agar dapat memberikan hasil yang kuat dan dapat diandalkan. Pengukuran selama dua musim dingin berturut-turut akan memberikan hasil yang baik untuk ini, dari perspektif pemodelan, kota yang sangat kompleks, ”kata Silver.

Secara keseluruhan, hasil penelitian ini, serta dua penelitian berikutnya, akan memberikan dasar yang penting bagi para pengambil keputusan. Memiliki data yang andal dan komprehensif tentang dari mana emisi berasal dan kemana perginya akan menjadi penting bagi politisi dan otoritas yang bertanggung jawab untuk menerapkan di masa depan langkah-langkah yang diperlukan untuk memerangi masalah polusi udara di Bosnia dan Herzegovina.

Radio Bet / Sumber: Tip.ba

Komentar

komentar

Ditulis oleh Urednik

Author: Milton Mccoy