Eskobar: Problem u BiH nije etnički, već sistemska korupcija

Bosnia dan Herzegovina tidak memiliki etnis, tetapi masalah korupsi sistemik, kata Gabriel Escobar, utusan khusus AS untuk Balkan Barat, dalam percakapan dengan Badan Informasi Kroasia (Hina), lapor Jutarnji dari Zagreb.

– Sejujurnya, masalah di BiH bukan etnis, tetapi korupsi sistemik dan kurangnya kredibilitas aktor politik yang mempengaruhi kemampuan lembaga negara untuk berfungsi dengan baik, kata Escobar di Zagreb di mana ia berpartisipasi dalam pertemuan Piagam AS-Adriatik (A5).

Oleh karena itu, Escobar, utusan yang ditunjuk oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden musim panas ini, lebih memperhatikan kesulitan demografis dan ekonomi di BiH daripada masalah etnis.

Amandemen UU Pemilu

Bertentangan dengan beberapa politisi Eropa Barat yang menganjurkan untuk mengabaikan kriteria etnis di BiH, seperti Sosial Demokrat Jerman, yang pemimpinnya akan menjadi kanselir baru, utusan AS menekankan bahwa struktur dengan tiga orang konstituen tetap menjadi “dasar kebijakan Amerika di BiH” .

“Konsensus politik dapat dicapai melalui reformasi terbatas, bukan dengan mengubah struktur Dayton,” katanya kepada Hina, menekankan bahwa Amerika Serikat saat ini bekerja dengan aktor politik BiH untuk mengubah undang-undang pemilu untuk memuaskan ketiga orang di BiH.

Tekanan dari warga

Tekanan pada politisi BiH untuk menerima reformasi harus datang dari bawah, dari warga, Escobar percaya.

– Penting bagi mereka untuk memilih politisi yang ingin mencapai solusi yang sesuai dengan semua orang di negara ini, bukan hanya orang asing dan rakyat mereka, kata diplomat karir yang menjabat di Serbia, BiH dan Montenegro pada akhir 1990-an.

Tekanan juga dapat dicapai melalui sanksi, tetapi Escobar menekankan bahwa “dia tidak suka membicarakannya karena dia tidak ingin kawasan itu mendapat kesan bahwa Amerika Serikat terlibat di dalamnya terutama melalui sanksi.”

Dodik bukan satu-satunya budak

Sanksi itu ada, tetapi tidak akan ditujukan pada Republika Srpska dan Federasi atau warganya, tetapi pada individu yang korup, kata Escobar, yang berada di BiH awal bulan ini dan bertemu dengan perwakilan politik di sana.

Menjelang perjalanan itu, ia menuduh anggota kepresidenan Serbia, Milorad Dodik, menyembunyikan korupsi dengan memprovokasi krisis di BiH.

Dalam wawancara dengan Hina, ia menjelaskan bahwa Dodik, yang mencoba melemahkan lembaga pusat BiH, “bukan satu-satunya, tetapi masalah paling mendesak” di negara ini.

Sesegera mungkin di UE

Ditanya apakah Washington sedang berbicara dengan negara-negara Eropa Barat tentang perlunya mempercepat proses perluasan UE, Escobar mengatakan mereka “membicarakannya sepanjang waktu”.

Pertemuan Quinte baru-baru ini, format yang menyatukan Amerika Serikat, Inggris, Italia, Prancis, dan Jerman, dengan suara bulat menyimpulkan bahwa enam negara Balkan Barat “harus menjadi bagian dari UE sesegera mungkin,” katanya.

TARUHAN RADIO / SUMBER: AVAZ DAYS

Komentar

komentar

Ditulis oleh Urednik

Author: Milton Mccoy