Besok protes besar para penambang: 101 tahun pemberontakan Husin dan 101 obor di depan Pemerintah FBiH

Sejumlah besar penambang dari ketujuh tambang yang berada dalam kekhawatiran akan berangkat ke Sarajevo dan gedung Pemerintah FBiH besok. Hal ini ditegaskan kepada “Avaz” oleh Sinan Husić, presiden Serikat Buruh Independen Pekerja Tambang FBiH, yang menambahkan bahwa pertemuan tersebut diumumkan pada pukul 11 ​​pagi dan merupakan tanggapan atas langkah sepihak Elektroprivreda untuk menerapkan peraturan kerja tanpa kinerja dengan Persatuan.

Kemarahan pekerja di tambang

– Reaksi para pekerja melebihi harapan kami, sehingga banyak penambang dari semua tambang datang ke Sarajevo. Akan ada lebih banyak dari kita daripada pada tanggal 1 Mei. Antrean jam 11 pagi di dataran tinggi di depan Stasiun Kereta Api dan kami menuju ke FBiH Government. Kami membuka pertemuan dengan lagu BiH dan pesan simbolis “101 tahun Pemberontakan Husin” dan dengan 101 obor menyala di udara – Husić memberi tahu “Avaz”.

Kemarahan para pekerja di tambang memuncak setelah peraturan yang disengketakan sudah diterapkan di tambang Kreka, dan setelah Elektroprivreda BiH mengumumkan bahwa, terlepas dari protes, peraturan dalam bentuk yang sama akan diterapkan di tambang lain.

Jika demikian, terima kasih banyak

– Besok adalah hari kebenaran. Akan ditunjukkan apakah apa yang telah disampaikan oleh direktur Elektroprivreda BiH kepada publik dalam beberapa hari terakhir ini benar, bahwa beberapa perwakilan serikat pekerja menolak penerapan peraturan baru, atau apakah semua pekerja tambang dipertanyakan. Besok, akan ditunjukkan bahwa kami benar ketika kami menunjukkan bahwa dialog sosial tidak boleh dilakukan dengan cara seperti itu. Keputusan penting untuk status pekerja tidak baik untuk diterapkan dengan cara ini. Tidaklah normal bagi seseorang untuk berpikir bahwa tidak apa-apa untuk menentukan gaji pokok seorang penggali di lubang dengan 850 KM dalam 570 KM dengan buku aturan – Husić menunjukkan.

Para penambang, tambah presiden SSRR FBiH, ingin bertanya kepada negara bagian pada pertemuan di Sarajevo “apakah itu memberi direktur EPBiH gelar 1/1 untuk Elektroprivreda i rudnike”.

– Jika demikian, terima kasih banyak. Kami akan pergi, kami tidak membutuhkan pekerjaan di sana – kata Sinan Husi.

TARUHAN RADIO / SUMBER: AVAZ HARIAN

Komentar

komentar

Ditulis oleh Urednik

Author: Milton Mccoy