Ahli meteorologi menerbitkan data: Musim dingin seperti apa yang menanti kita

Ahli meteorologi dari Institut Hidrometeorologi Federal telah menerbitkan ramalan cuaca musiman untuk Bosnia dan Herzegovina untuk periode dari 1 Desember 2021 hingga 28 Februari 2022.

Berdasarkan hasil model dinamis dan statistik oleh (MedCOF17) dan (SEECdari 26), serta produk FHMZ, suhu udara selama musim dingin (1 Desember 2021 – 28 Februari 2022), menurut sebagian besar model, akan menjadi lebih tinggi bagian dari Bosnia, harus berada dalam atau di atas normal dalam kaitannya dengan musim dingin rata-rata untuk periode tersebut (1981-2010). Di wilayah Herzegovina, menurut model yang sama, musim dingin yang akan datang harus di atas normal.

Probabilitas mewujudkan ramalan adalah dari 40 persen untuk wilayah Bosnia dan hingga sekitar 50 persen untuk wilayah selatan negara kita.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, musim dingin yang akan datang seharusnya sedikit lebih dingin.

Jumlah hari beku yang diharapkan (suhu udara minimum <0,0 ° C) di Bosnia selama musim dingin (2021-2022) hingga 58, dan di wilayah selatan Herzegovina hingga 14 hari beku diperkirakan.

Menurut model prognostik untuk wilayah Bosnia dan Herzegovina dan wilayah yang lebih luas, probabilitas untuk ketiga skenario (di bawah, dalam batas atau di atas rata-rata) adalah sama. Yaitu, model tidak memberikan skenario yang lebih andal untuk meramalkan jumlah curah hujan. Distribusi curah hujan selama musim dingin akan tidak merata. Selama periode perkiraan, periode yang lebih lama tanpa curah hujan tidak dikecualikan, tetapi juga periode yang lebih pendek dengan jumlah curah hujan yang lebih tinggi. Ahli meteorologi mencatat bahwa jenis curah hujan untuk bagian-bagian tertentu dalam setahun tidak dapat ditentukan.

Prakiraan curah hujan dalam kaitannya dengan prakiraan suhu udara, untuk jangka waktu yang lama, kurang dapat diandalkan. Dalam hal ini, prakiraan curah hujan dalam jangka waktu yang lama harus diambil dengan dosis cadangan yang lebih tinggi, menurut N1.

Radio Bet / Sumber: Tip.ba

Komentar

komentar

Ditulis oleh Urednik

Author: Milton Mccoy